SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Kamis, 01 November 2012

Manfaat windows phone untuk kesehatan

TUBUH MENJADI SEHAT DAN BUGAR KARENA WINDOWS PHONE

Di bulan Ramadan ini, Windows Phone bisa menjadi sahabat Anda dalam menjaga kesehatan. Sistem operasi dengan antarmuka yang ramah baik bagi pengguna beginner sampai advanced itu menawarkan banyak cara untuk membuat tubuh tetap bugar dan fit. Dari mengukur kandungan kalori, mengecek kesehatan, hingga mengontrol diet.
Menjadi sehat dengan bantuan Windows Phone.
Cobalah masuk ke fitur aplikasi, kemudian lihat di bagian Marketplace. Pada bagian kesehatan dan kebugaran, Anda akan menemukan banyak aplikasi untuk kesehatan, baik yang berbayar maupun gratis.

Inilah beberapa aplikasi gratis yang ditawarkan:

Kalkulator sehat
Mulailah dengan kalkulator unik ini untuk mengukur apakah proporsi tubuh Anda sudah ideal atau belum. Caranya mudah. Masukkan usia, misalnya 32 tahun, dengan tinggi 165 sentimeter, dan berat 60 kilogram misalnya. Hasilnya akan keluar berupa hitungan yang normal dan saran tertentu. Dalam hal ini adalah sebaiknya menambah berat badan sebanyak 2 kilogram. Mudah sekali!

Vitamin World
Aplikasi ini bisa dijadikan referensi untuk mengetahui kandungan vitamin dari asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Jadi ketika yang dibutuhkan vitamin B misalnya, aplikasi ini akan menyarankan makanan yang cocok dengan kandungan vitamin tersebut. Jadi aplikasi ini semacam kamus.

My Calori
Aplikasi ini semacam ‘buku pintar’ yang memberitahu kepada kita berapa kandungan kalori dari makanan yang kita konsumsi. Misalnya suatu ketika Anda makan di restoran dan mengonsumsi sepiring steak. Dalam daftar makanan yang sudah tersedia pada aplikasi, jumlah kalori yang tercatat sebesar 278 kal. Begitu pun ketika ditambah dengan susu atau lainnya, seperti kalkulator, aplikasi akan menghitung total kalori yang dikonsumsi.

Calorie Counter
Mirip dengan aplikasi My Calori. Namun informasi yang disediakan tidak berhenti pada seberapa besar kandungan kalori dalam makanan yang dikonsumsi, melainkan ada tambahan padanan makanan serupa. Misalnya Anda pergi ke makanan cepat saji dan memesan Big Mac Sandwich. Di situ tertulis kandungan kalorinya mencapai 540.

Tentu saja ini bisa dianalogikan dengan makanan lain. Misalnya, kalori tersebut setara dengan lima pisang atau enam telur atau sepiring spaghetti.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang ditawarkan. Namun tidak semua aplikasi bisa langsung digunakan, misalnya terkait dengan satuan. Sebagai contoh adalah aplikasi Health Checkup.

Sebenarnya aplikasi ini sederhana. Ingin mengukur tingkat kesehatan kita, yang diukur melalui umur, berat badan dan tinggi. Hampir persis dengan aplikasi Kalkulator Sehat. Hanya aplikasi Health Checkup masih menggunakan satuan pounds untuk berat dan inches pada tinggi badan.

Dari mayoritas program yang ditawarkan dan coba digunakan oleh Vista, mungkin lebih mirip kalau disebut sebagai kamus. Memasukkan data, kemudian informasi dari database akan keluar untuk memberikan penilaian terhadap data tersebut atau sekarang member informasi seperti kandungan kalori tadi. Tampak statis.

Sebenarnya ada juga program yang tampaknya interaktif. Yakni Calorie Watch.

Aplikasi tersebut, seperti dipaparkan dalam pengantarnya, tidak hanya menghitung rata-rata kalori pada makanan. Tetapi, aplikasi ini dijanjikan bisa bisa membantuk untuk mengontrol berat badan seperti sebuah permainan.

Ada lima tampilan yang ditawarkan. Calorie Information, Meal Entry, Exercise Tracking, Weight Log dan Graph and Chart.

Tampaknya menarik. Sayangnya, ketika Vista coba mengunduhnya lewat Nokia Lumia 610 yang menggunakan sistem operasi Windows 7.5, sesuai yang dipersyaratkan oleh aplikasi tersebut. Namun tidak berhasil. Jadi kemungkinannya aplikasi ini tidak termasuk untuk Indonesia.

Kendati demikian, aplikasi-aplikasi tersebut tetap bermanfaat digunakan. Sebatas untuk mencari informasi jika memang lupa, berapa kandungan kalori dalam makanan yang kita santap, atau apakah tubuh kita dalam kondisi sehat saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar