SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Senin, 05 November 2012

Swumanoid si robot penjaga pantai

SWUMANOID SI ROBOT PENJAGA PANTAI

foto

- Pernah menonton serial Baywatch? Serial televisi tentang para penjaga pantai di California, Amerika Serikat. Tayangan televisi terlaris sepanjang masa ini identik dengan tubuh seksi dan atletis para penjaga pantai, termasuk aktris fenomenal, Pamela Anderson. Di masa depan, kita bersiap saja akan kehilangan kesempatan untuk menikmati model penjaga pantai seperti dalam serial Baywatch.

Peneliti di Tokyo Institute of Technology telah meluncurkan sebuah robot, meniru atlet Olimpiade, yang bisa menjadi penjaga pantai. Prototipe terakhir yang berhasil dikerjakan adalah robot yang bisa meniru seluruh tubuh seorang perenang.

Robot yang dinamakan Swumanoid itu mampu berenang dengan kecepatan 0,64 meter per detik dengan gaya bebas. Kecepatan ini sudah mencapai sepertiga dari kecepatan manusia. Robot ini bahkan bisa berenang sama baiknya dengan gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Tetapi robot ini memerlukan sepasang kaki baru agar bisa memakai gaya dada.

Peneliti menjelaskan, pembuatan Swumanoid bertujuan mengukur kemampuan bertahan di air dan menganalisis bagaimana manusia akan kelelahan jika melakukan gerakan yang sama berulang kali. Data ini akan dipakai untuk membantu menemukan pola yang bisa mengimprovisasi teknik perenang.

Tim dibalik Swumanoid, yang dipimpin oleh Prof. Motomu Nakashima, berharap, di masa depan robot seperti ini bisa beraksi layaknya penjaga pantai, berpatroli dan membantu perenang dalam kondisi bahaya. "Saya percaya, robot yang berenang seperti manusia dimungkinkan untuk membantu orang yang menghadapi bahaya di air," kata dia seperti dikutip Daily Mail, Senin 10 September 2012.

Tujuan pertama dari pembuatan robot ini adalah untuk mengukur energi yang keluar dari perenang. Teknisi mengembangkan tubuh robot dengan menggunakan pemindai tiga dimensi untuk atlet Olimpiade, sebelum membuat dalam versi plastik yang diproduksi dalam berbagai ukuran.

Tetapi, pencipta robot menyadari, Swumanoid masih jauh untuk menggantikan peran David Hasselhoff dalam serial Baywatch. Misalnya, dalam hal daya tahan, output, dan waterproofing masih menjadi masalah dalam desain robot ini. Chang-Hyun Chung, seorang peneliti di institut ini, mengatakan solusi dari masalah ini bisa ditemukan dalam pekan-pekan mendatang. "Kami ingin menggunakan mesin yang lebih besar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Sekarang, tenaga mesin tidak cukup," kata dia.

Nakashima menjelaskan bahwa dia tidak ingin membuat sosok seperti ikon Terminator, Arnold Swartzenegger. "Ini tidak cukup kuat, tetapi saya berpikir kami akan segera melengkapi penemuan ini untuk sementara waktu" ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar