SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Kamis, 15 November 2012

Panda ternyata dari spanyol

PANDA TERNYATA BERASAL DARI SPANYOL

foto

 Panda selama ini dikenal sebagai hewan asli Cina. Namun, penemuan fosil panda yang baru-baru ini dilakukan mengungkapkan bahwa nenek moyang tertua dari garis keturunan panda berdiam di Spanyol, ribuan kilometer dari Cina.

Panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) dikenal di seluruh dunia karena hitam-putih rambutnya. Hewan yang masih berkerabat dengan beruang ini sangat unik karena hanya makan bambu. Padahal kebanyakan anggota lain dari keluarga beruang adalah pemakan daging (karnivora) atau pemakan segala (omnivora).

Bukti genetik terbaru menunjukkan nenek moyang panda raksasa berpisah dari beruang lain pada 18-22 juta tahun lalu. Namun, banyak hal masih menjadi misteri. Misalnya, bagaimana bentuk panda awal serta bagaimana perubahan garis silsilah beruang dari waktu ke waktu.

"Sebelum temuan ini, fosil panda raksasa diketahui hanya berasal dari Cina, dan berumur paling tua sekitar 8,2 juta tahun," ujar Juan Abella, seorang paleontolog di Museum Sejarah Alam Spanyol, Kamis, 15 November 2012.

Fosil yang ditemukan di sepanjang situs purbakala di timur laut Spanyol itu berupa dua set rahang dan gigi. Menurut Abella, fosil-fosil ini milik anggota awal dari garis keturunan panda raksasa yang belum terungkap.

Berumur 11,6 juta tahun, panda purba diperkirakan hidup pada Kala Miosen Tengah. Saat itu, daerah Spanyol lembap, cukup hangat, dan dipenuhi hutan.

"Spesies panda ini bukan hanya yang pertama tercatat di Semenanjung Iberia, tetapi juga yang pertama dari keturunan panda raksasa di seluruh dunia," kata Abella, yang memimpin tim paleontolog.

Panda purba tersebut diberi nama Kretzoiarctos beatrix. Nama genus Kretzoiarctos mengacu kepada Miklos Kretzoi, pakar paleontologi yang bergelut dengan penemuan beragam fosil spesies panda. Adapun nama spesies beatrix terinspirasi dari ahli paleontologi Spanyol, Beatriz Azanza, yang menjadi rekan Kretzoi.

Hasil rekonstruksi fosil rahang menunjukkan panda purba di Spanyol itu berbobot tidak lebih dari 60 kilogram, kira-kira seukuran beruang matahari (Helarctos malayanus), spesies terkecil keluarga beruang yang masih hidup saat ini.

Dilihat dari giginya, panda purba bersifat omnivora alias melahap daging, buah, batang tanaman, hingga daun. Namun, hewan ini memiliki fitur gigi yang bervariasi, yang lebih banyak disesuaikan untuk memakan tanaman keras, seperti bambu.

"Kami menduga tidak ada bambu di Spanyol pada masa itu. Namun ada banyak tanaman serupa lainnya yang dapat tumbuh di daerah beriklim lembap yang tersedia untuk panda Kretzoiarctos," ujar Abella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar