SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Senin, 19 November 2012

Hati - hati dengan minuman soda yang manis

"HATI - HATI DENGAN MINUMAN SODA YANG MANIS"

foto

Berhati-hatilah dengan minuman bersoda yang manis. Pasalnya, minuman jenis ini tak hanya berpeluang menjadikan Anda lebih gemuk, tetapi juga bisa membuat Anda mengalami nyeri lutut.

Para ilmuwan mempelajari pasien yang mengalami osteoarthritis di lutut, yang juga dialami oleh sekitar enam juta orang dewasa di Inggris. Hasilnya, mereka menemukan bahwa minuman bersoda yang dikonsumsi pasien memperparah kondisi nyeri di lutut mereka.

"Studi ini memberikan peluang untuk mengetahui faktor risiko makanan yang bisa dimodifikasi untuk kemajuan penyakit tersebut, sekaligus memberikan rekomendasi untuk diet yang sehat serta mempunyai implikasi kesehatan publik," ujar ketua peneliti, Dr Bing Lu, dari Brigham and Women''s Hospital di Boston, seperti dikutip situs Daily Mail, 15 November 2012.

Minuman manis menjadi faktor risiko, seperti obesitas, penuaan, dan tekanan pada sendi. Untuk studi ini, para ilmuwan meneliti 2.149 pasien yang telah didiagnosis mengidap osteoarthritis setelah dilakukan X-ray.

Pada awal riset, partisipan mengkonsumsi minuman bersoda yang manis dengan menggunakan metode food frequency questionnaire. Para ilmuwan mengikuti perkembangan partisipan selama 12, 24, 36, dan 48 bulan untuk mengetahui perkembangan osteoarthritis mereka sembari mengukur perubahan pada lulut mereka.

Indeks massa tubuh (body mass index, indikator untuk mengukur obesitas) juga dihitung dan didata. Analisis untuk pria dan wanita dipisahkan. Setelah mengontrol BMI dan faktor lainnya yang kemungkinan berkontribusi pada penyakit osteoarthritis di lutut mereka, pria yang mengkonsumsi lebih banyak minuman bersoda per minggu ternyata mengalami perkembangan buruk dengan penyakit mereka, meskipun tubuhnya langsing.

Para pria, yang diklasifikasikan dengan berat badan normal, melihat lutut mereka semakin buruk ketimbang pria yang obesitas. Sebaliknya, hanya wanita dengan berat normal yang menunjukkan kaitan antara konsumsi minuman bersoda dan perkembangan osteoarthritis.

Kesimpulannya, semakin banyak mengkonsumsi minuman manis, para pria akan mengalami kondisi osteoarthritis lutut yang semakin parah. Namun belum diketahui apakah penyebabnya karena kalori tinggi atau ada kandungan lain di minuman bersoda sehingga kondisi lutut yang osteoarthritis menjadi lebih parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar