SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Selasa, 06 November 2012

Tubuh robot curiosity mirip manusia

TUBUH CURIOSITY MIRIP MANUSIA 

foto

Curiosity adalah mobil buatan NASA yang dikirim untuk ekspedisi Mars. Misi yang diembannya adalah mencari kemungkinan adanya mikroba, organisme awal suatu kehidupan, atau air di Planet Merah.

                                                               
Curiosity memang berupa kendaraan beroda enam dengan robot sebagai pengendali gerak. Tapi, menurut situs NASA, Curiosity memiliki bagian tubuh layaknya manusia. Seperti:

1. Tangan
Curiosity memiliki tangan yang diberi nama turret. Fungsinya untuk membawa bor, kuas untuk membersihkan debu, sekop tanah, kamera, dan alat peneliti mikroba. Dengan alat peneliti itu, Curiosity bisa menelaah bebatuan, kandungan mineral, serta senyawa karbon.

2. Tubuh
Seperti manusia, bagian luar tubuh Curiosity memiliki kemampuan melindungi organ vital di bagian dalam, seperti komputer otak. Biarpun berbentuk mobil, tubuh Curiosity letaknya jauh dari permukaan. Dengan demikian, mobil penjelajah itu tak perlu khawatir badannya akan menabrak bebatuan di permukaan Mars.

3. Suhu tubuh
Di bagian belakang, Curiosity memiliki sistem pembangkit tenaga yang berbentuk buntut. Fungsinya, mengalirkan panas ke seluruh tubuh untuk menjaga otak tetap bersuhu normal ketimbang temperatur Mars yang sangat dingin.

4. Mulut dan telinga
Curiosity memiliki antena yang berfungsi layaknya mulut dan telinga. Dengan antena ini, dia bisa menangkap suara di sekitarnya dan melakukan komunikasi ke Bumi.

5. Otak
Seperti manusia, Curiosity memiliki otak. Namun bukan di kepala letaknya, melainkan pada bagian tubuh. Selain otak utama, mobil penjelajah ini juga mempunyai otak cadangan. Dan fungsi keduanya sama persis dengan otak manusia: melacak tingkat kesehatan, suhu, dan fitur lainnya yang menunjang kehidupan Curiosity.

6. Leher dan kepala
Curiosity memiliki leher dan kepala berupa tiang yang membawa tujuh dari 17 mata kamera. Dengan tiang ini, Curiosity memiliki pandangan layaknya pemain basket yang tingginya sekitar 2,1 meter.

7. Hidung
Mobil penjelajah ini mempunyai hidung berupa laser pada dahinya yang berfungsi mengendus tingkat keamanan suatu benda di Mars. Ketika Curiosity melihat bebatuan yang menurut dia menarik, laser ini akan memindai uap di sekitarnya.

Secara keseluruhan, tinggi badan Curiosity mencapai tiga meter dengan lebar 2,7 meter serta panjang 2,2 meter. Dengan berbagai perangkat itu, berat mobil penjelajah ini berkisar 899 kilogram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar