SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Selasa, 06 November 2012

Ban sepeda gunung anti bocor

BAN SEPEDA GANUNG ANTI BOCOR 


foto

Sebuah perusahaan di Colorado telah merevolusi sepeda gunung dengan desain jenis ban baru yang tak perlu diisi udara. Ban seperti ini tentu tak akan pernah bocor.

Desainer Brian Russell mengatakan bahwa desain revolusioner ini juga membantu membuat pengendara bergerak lebih cepat. Perusahaannya, Britek Tire and Rubber, telah membuat roda ban sepeda berukuran 29 inci yang berbahan lapisan karet disertai tabung nano karbon, yang diperkuat dengan batang komposit untuk memberikan bantalan.

Batang komposit ini dapat disesuaikan bergantung pada jenis medan maupun bobot pengendara seperti laiknya jumlah udara pada ban karet. Namun, yang luar biasa selain tak akan bisa bocor, ban ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan kecepatan pengendara saat mereka berlomba di jalur trek.

Russell mengklaim peregangan ban yang terjadi di lapisan internal memungkinkan energi potensial elastis tersimpan di dalam ban itu. Lapisan yang terkompresi oleh benjolan di sekitar ban dan membentuk energi akan berubah menjadi momentum gerakan ke depan. Akibatnya, laju kendaraan menjadi semakin cepat juga terhadap kinerja pengereman.

Ban menarik ini masih dalam bentuk prototipe dan belum ditentukan kapan akan dijual. Situs Britek mengatakan bahwa saat ini mereka sedang mencari sponsor untuk membantu mengembangkan produk itu lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar