SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Minggu, 04 November 2012

Belajar dengan Game Angry Bird

ANGRY BIRD UNTUK PEMBELAJARAN ANAK TK

foto

 Penggemar Angry Birds, permainan populer pada ponsel, akan mendapat kejutan menarik. Pekan lalu, CERN bekerja sama dengan Angry Birds yang diciptakan Rovio, perusahaan Finlandia, membuat program pembelajaran untuk anak-anak berusia 3 hingga 8 tahun. Ini kesempatan mereka untuk menggabungkan kartun burung bersayap itu dengan ilmu fisika.

"Rovio memiliki cukup program pendidikan yang komprehensif," ujar Rolf Landau, pihak CERN. Menurut dia, permainan populer ini cukup menjanjikan untuk menyebarluaskan apa yang telah dilakukan CERN terkait fisika modern kepada anak-anak.

Ini bukan kali pertama permainan populer menggelitik minat seseorang dalam fisika. Di laman blog Wired''s Dot Physics, blog fisikawan maupun Angry Birds fan Rhett Allain terdapat sejumlah pernyataan akan ilmu fisika dalam permainan selama beberapa tahun terakhir.

Allain misalnya, telah menyelidiki kecepatan peluncuran, sudut dan percepatan peluncuran maupun kecepatan burung. Faktor-faktor itu disertakan lengkap dengan grafik dan persamaan untuk mendapatkan data selama waktu permainan.

Kerja sama CERN/Rovio memang mengesampingkan anak-anak muda. Perusahaan menciptakan produk ini hanya untuk kepentingan anak-anak yang tertarik kepada ilmu sains. Tak lain, ini adalah bagian dari usaha perusahaan untuk meningkatkan kurikulum TK nasional di Finlandia dengan merk Angry Birds Playground.

Dalam versi playground ini, pemain dapat menjelajah sebuah pulau untuk mencari telur curian, maupun memecahkan teka-teki sepanjang jalan.

Bagi yang sudah terbiasa dengan Angry Birds dengan prinsip bahwa babi jahat telah mencuri burung. Pemain menggunakan mekanisme ketapel untuk meluncurkan burung-burung warna yang berbeda. Hingga kini, lebih dari 12 juta kopi permainan telah diunggah dari Apple Store sejak debutnya, Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar