SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Rabu, 31 Oktober 2012

Wajan bebas lengket aman kah ??




AMANKAH MEMASAK MENGGUNAKAN WAJAN BEBAS LENGKET??



Sering kali, saya memasak makan malam dengan wajan bebas lengket, yang mudah dicuci dan membuat masakan sehat. Tetapi apakah itu aman? Ini yang Anda perlu ketahui ketika memasak dengan wajan bebas lengket:

Menggunakan wajan bebas lengket berarti Anda harus mengurangi minyak saat memasak. Hanya dengan sesendok atau dua sendok teh minyak Anda bisa menumis daging atau sayuran — lebih sedikit daripada wajan biasa. Hal itu juga baik untuk masakan yang lengket seperti telur yang akan lebih mudah hancur saat dibalik pada wajan yang “lebih lengket.”

Akan tetapi, rahasia wajan bebas lengket terletak pada kandungan perfluorocarbons (PFCs), bahan kimia yang berhubungan dengan kerusakan hati dan masalah pertumbuhan. Sebelum Anda membuang wajan bebas lengket Anda, pertimbangkan, mungkin saja beberapa hal berikut akan membuat Anda memasak dengan lebih aman.

Kurangi panasnya. PFC akan menguap ke udara dengan bentuk gas beracun jika wajan terlalu panas. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, hindari menggunakan wajan bebas lengket dengan panas yang terlalu tinggi dan jangan panaskan wajan dalam keadaan kosong.

Gunakan bahan kayu atau silikon. PFC dapat keluar jika lapisan bebas lengket tergores. Oleh karena itu penting untuk menggunakan peralatan memasak berbahan kayu atau silikon untuk memasak.

Cuci dengan tangan. Alat pencuci piring panas! Hal itu akan membuat PFC keluar lebih banyak dibandingkan jika Anda mencuci dengan tangan (dengan bahan yang halus atau spons).

Carilah wajan yang tidak menggunakan PFC. Carilah wajan yang dilabeli “ramah lingkungan” dan memiliki lapisan yang tidak hancur jika digunakan dengan suhu yang terlalu panas. Jika Anda masih khawatir dengan wajan bebas lengket, ada alternatif yang sangat baik: wajan besi.

SEMOGA BERMANFAAT  ^__^

1 komentar:

  1. Terima kasih atas inspirasinya. Alat memasak yang sehat memang penting untuk menghasilkan masakan yang sehat pula.


    Oxone

    BalasHapus