SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Jumat, 02 November 2012

Awas, mobil anda jadi serang bakteri

HATI-HATI JANGAN-JANGAN MOBIL ANDA JADI SARANG BAKTERI



Tanpa kita sadari, mobil yang kita kendarai ternyata menjadi 'sarang' bakteri. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Michigan bersama Ford Motor Co., mengungkap bahwa terdapat beberapa daerah dalam kabin yang kerap dihinggapi dan menjadi tempat untuk berkembang biak.
Para peneliti mengambil sampel dari 10 permukaan yang sering mengalami kontak dengan penumpang, dalam hal ini yang dipakai adalah mobil Ford. Permukaan tersebut dibersihkan dengan lap dan jumlah bakteri yang menempel diukur.
Alhasil, lingkar kemudi dan tempat minuman (cupholder) merupakan tempat sebagian besar bakteri berkumpul. Cindy Peters, Teknisi Ahli Ford, memberikan analisa bahwa kontak dengan tangan adalah pemicu berkumpulnya bakteri di setir. Sementara untuk di cupholder, tumpahan minuman yang tak segera dibersihkan juga menjadi makanan bagi mikroba.
Penelitian ini merupakan bagian dari program pengembangan bahan interior dan pelapis yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.
"Temuan yang dihasilkan menunjukkan, interior mobil merupakan ekosistem yang kompleks, berisi triliunan mikroorganisme yang dapat berinteraksi satu sama lain. Dalam hal ini termasuk dengan manusia dan lingkungan sekitarnya," beber Dr. Blaise Boles, Microbial Ecologist, yang bertindak sebagai ketua tim peneliti.
Tujuan jangka panjang dari riset ini adalah untuk mendefinisikan ekologi mikroba di kabin. Dengan cara tersebut, desain interior bisa dioptimalkan, khususnya bahan yang memberikan kenyamanan dan ramah lingkungan.
Paling menjanjikan dari penelitian ini adalah pengembangan lapisan yang mengandung perak-ion. Bahan ini selain steril bisa juga mematikan pertumbuhan mikroba.

SEMOGA BERMANFAAT  ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar