SELAMAT DATANG DI BLOG CAHAYA PENGETAHUAN
PENGETAHUAN ADALAH NAFAS, NAFAS UNTUK MENCARI PENGETAHUAN DAN PENGETAHUAN UNTUK BERNAFAS

Senin, 05 November 2012

Takut MTK berdampak positif pada otak

TAKUT PADA MATEMATIKA BERDAMPAK POSITIF PADA OTAK

foto

Matematika sering kali membuat siswa tidak percaya diri dalam mempelajarinya. Takut salah dan malas berhitung membuat siswa jadi "alergi" dengan pelajaran yang satu ini.

Namun, menurut sebuah penelitian, ketakutan akan pelajaran matematika ternyata dapat mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pengalaman rasa sakit. Menurut penelitian yang dilakukan Ian Lyons dan Sian Beilock dari Universitas Chicago, kecemasan yang tinggi pada saat mengerjakan tugas matematika semakin meningkatkan aktivitas otak, terutama wilayah deteksi ancaman viseral.

Para penulis mengatakan bahwa penelitian sebelumnya menunjukkan bentuk lain dari stres psikologis, seperti penolakan sosial atau traumatis, dapat juga menimbulkan sakit fisik. Kali ini penelitian hanya melihat respons terhadap rasa sakit karena antisipasi kecemasan, bukan tentang rasa sakit akibat peristiwa stres itu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas matematika memang tak menyakitkan, tetapi memikirkan tugas itulah yang justru tak menyenangkan bagi orang-orang tertentu. "Matematika bisa menjadi sangat sulit. Bagi mereka yang mengalami kecemasan tinggi terhadap matematika (HMAs), akan selalu berhubungan dengan tekanan, kekhawatiran, dan rasa takut," tulis para peneliti dalam laporan yang dipublikasikan dalam jurnal Plos One.

Yang menarik, hubungan ini tak terlihat selama kinerja matematika. Itu menunjukkan bahwa matematika bukan hal yang menyakitkan, justru antisipasi terhadap matematika itulah yang menyebabkan sakit.

"Data memperlihatkan alur rasa sakit itu akan aktif berdasarkan intuisi antisipasi terhadap sesuatu yang ditakuti," ujar para penulis. Hasil penelitian itu juga menjelaskan mengapa orang yang mengidap HMAs cenderung menghindari matematika maupun segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Bahkan mereka akan menghindari karier yang berhubungan dengan matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar